Thursday 22 July 2010

22.07.2010

tidak seharusnya kamu membenci yang lemah, anakku...

tapi aku tak bisa, bunda.
bagaimana bisa aku tahan melihat orang mengasihani dirinya sendiri?
memakai kelemahannya meminta belas kasihan?

seharusnya kamu ada disana menolong yang lemah

cara menolong ada banyak, bunda.
merekalah yang harus menolong diri mereka sendiri.
bangun dari kelemahannya.
jiwa manusia terlalu kuat untuk dilemahkan otaknya sendiri.

dunia itu begitu kejam.
kau hanya belum tahu


tapi aku siap menghadapinya, bunda.
aku menolak jadi yang lemah, karena itulah aku akan bertahan.
dan dunia terlalu indah bagiku, bunda.
aku tak tahu bahwa ia kejam.

karena kau telah terbangun kuat.
mereka tidak punya akar sepertimu.


mereka bisa membangunnya, bunda...

akar tidak tumbuh dalam beberapa menit, anakku.

kalau tidak dimulai, kapan ia akan tumbuh dan mengakar dengan kuat?

tentu bisa dimulai bertumbuh.
tapi sekarang mereka lemah, anakku.
meminta mereka menjadi kuat bukan yang mereka butuhkan sekarang.


aku lelah bunda.
aku mulai hilang kepercayaan pada mereka.
biar saja mereka selamanya lemah.
selamat malam.